Caution Wet Floor

Seorang pegawai sudah lama bekerja di sebuah kantor. Statusnya sudah sebagai pegawai tetap. Tiap pagi ia mendapati rutinitas office boy mengepel lantai kantor. Di area mengepel itu dipasang rambu rambu dengan tulisan 'caution, wet floor'.

Suatu hari si pegawai tidak mengindahkan rambu tulisan tersebut, bahkan menerjangnya. Ia berjalan menginjak-injak lantai yang sedang dipel yang masih basah. Akibatnya si pegawai jatuh terpeleset. Si pegawai marah marah dan membentak bentak office boy. (He.. he.. biasanya emang gini nih. Udah nglanggar, malah marah-marah). Ketegangan terjadi diantara mereka.

Beberapa saat kemudian datanglah satpam melerainya sambil menasehati, "lain kali hati hati ya pak, supaya tidak terpeleset lagi". 

Si pegawai malah tambah marah, "kamu ini satpam, nggak nolongin malah berlagak nasehatin. Kamu satpam yg nggak tahu diri, nggak punya empati".

He.. He..

Begitulah ...
Manusia seringkali lupa, bahwa peringatan peringatan itu sudah disampaikan dengan jelas. Larangan larangan Allah juga sudah jelas. Tetapi manusia melanggarnya, dan tidak mengindahkan larangan Allah swt.

Akibatnya terjadilah bencana, musibah yang menimpanya.

"Dan segala musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kalian" QS. AsSyuro : 30.

Tetapi manusia kalau terjatuh, terpeleset, tertimpa musibah, jarang yang langsung menyadari kesalahannya. Malah marah marah.

Mmm ...

Selanjutnya, hendaklah kita berhati-hati menasehati orang atau pihak yang sedang tertimpa musibah atau bencana. Bisa bisa kita dicemooh, dihujat, atau dimarah-marahi juga seperti kisah satpam tersebut. 
Mungkin kita niatnya mau menasehati untuk sadar dan taubat, malah dikira nggak empati.

Meski niat kita baik, perlu disampaikan dengan cara yang baik dan pada saat yang baik pula.

Wallahu a'lam..




#tangerang-jakarta, oktober 2019.
#cuaca panas. 
.. beberapa daerah belum turun hujan. kebakaran terjadi di kota di pulau jawa, penduduk mengungsi. sebelumnya hutan belantara di sumatera dan kalimantan sudah lebih dahulu menggumpalkan asap...



Caution Wet Floor Caution Wet Floor Reviewed by anisvanjava on Oktober 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.